Sabtu, 25 Februari 2017

"SUNGAI KAPUAS PUNYE CERITE" (belajar melalui sebuah lagu)



Setelah memposting tentang pulau Bungin ..... tak adil rasa nya untuk tidak menulis tentang sungai Kapuas, sungai yang berada di tempat kelahiranku provinsi Kalimantan Barat. Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia, dengan banyak cabang berupa  sungai-sungai kecil. Dan aku akan menceritakan sedikit informasi mengenai sungai Kapuas (walaupun ada yang copas sana sini untuk sekedar referensi).

Nama sungai kapuas diambil dari nama daerah Kapuas (sekarang Kapuas Hulu) sehingga nama sungai yang mengalir dari Kapuas hingga muaranya disebut sungai Kapuas, namun Kesultanan Banjar menyebutnya Batang Lawai yang mengacu pada nama daerah Lawie atau Lawai (sekarang kabupaten Melawi) sehingga nama sungai yang mengalir dari kabupaten Melawi hingga muaranya di sekitar kota Pontianak di sebut Sungai/Batang Lawai.

Sungai Kapuas membentang dari arah Putussibau Kabupaten Kapuas Hulu hingga Kota Pontianak. Panjangnya sekitar 1143 Km, melewati kabupaten Sintang, Sekadau, Sanggau, Kuburaya dan Kota Pontianak. Lebar alur sungai Kapuas sekitar 70 - 150 meter dengan kedalaman puluhan meter yang tidak pernah kering sepanjang tahun,  Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia.


Semua kehidupan di Kalbar, seolah tak lepas dari aliran airnya. Sungai Kapuas menjadi urat nadi, di sepanjang aliran sungai Kapuas, segala yang berbau kehidupan, bakal muncul. misalnya, ketika orang Dayak mendirikan rumah betang (rumah panjang). Mereka akan mendirikan rumah di sepanjang aliran sungai. Tujuannya tak lain, memudahkan berbagai aktifitas kehidupan.

Sungai Kapuas juga sampai detik ini menjadi jalur transportasi pengangkutan barang. Walaupun sekarang sudah terbangun jalan penghubung antar kabupaten, alur sungai Kapuas tetap sangat penting peranannya. Orang menggunakan alur sungai Kapuas, untuk mengangkut sembilan kebutuhan pokok, hasil kebun, karet, bahkan manusia. Mereka menggunakan perahu motor bandung. Ini perahu khas. Lebar 4-6 meter dengan panjang belasan meter. Bagian atas perahu menyerupai rumah. Bunyi mesin perahu menggelegar, ritmis dan konstan.

Hingga kini, sungai Kapuas menjadi tempat berlabuh kapal barang dan penumpang dari luar propinsi. Artinya, sungai Kapuas menjadi pintu utama, keluar dan masuknya barang, dan manusia di Kalimantan Barat. Tak hanya itu, sungai Kapuas menjadi air kehidupan bagi masyarakat Kalbar. Masyarakat menggunakan sungai Kapuas untuk untuk berbagai macam keperluan ... termasuk keperluan rumahtangga.

Sungai Kapuas menghidupi segala bentuk kehidupan masyarakat. Tak bisa dibayangkan, seandainya sungai Kapuas, tiba-tiba menghilang. Segala bentuk kehidupan juga bakal terampas. Orang tidak bisa lagi mendayung sampan, menjual jasa menyeberangi sungai Kapuas. Anak kecil tak lagi berenang dan mandi, barang dan jasa dari luar atau dalam propinsi terhenti, dan Perusahaan Air Minum (PAM) tidak bisa beroperasi, karena tidak ada pasokan air

Selain itu banyak juga cerita-cerita mistis tentang sungai kapuas. Menurut tetua dahulu (yang masih dicari kebenarannya) ... dikatakan bahwa sungai Kapuas yang membentang di Kota Sanggau Kapuas memiliki sebuah kerajaan di alam gaib, selain itu ada juga Puaka (baca: Puake) atau mahluk gaib yang menjaga sungai tersebut. Puaka penunggu sungai Kapuas memiliki bentuk menyerupai buaya yang berwarna kuning, putih dan buaya hitam. Masyarakat kampung  Bansir laut biasa menyebut Puaka itu sebagai kembaran Mak Tue yang merupakan seorang nenek yang kini sudah tiada ... terdengar menyeramkan ya .... Nah biasanya masyarakat akan melakukan prosesi ritual "buang-buang" yang berupa minyak, telur ayam kampung, paku, benang dan beras kuning jika ada yang melihat buaya Puake tersebut. 

Oh ya, dari lagu "Sungai Kapuas" ... ada sebuah mitos yang bunyinya begini "Barang siapa telah minum air sungai Kapuas, ia akan kembali lagi". Bermakna ... jika seseorang yang telah menikmati air sungai Kapuas, maka dimanapun dan kapanku orang tersebut akan kembali dan kembali ke tempat di mana sungai Kapuas itu berada.

       


1 komentar:

  1. Thanks infonya, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2PCx1jU

    BalasHapus